nutthynovianti.blogspot.com

Sabtu, 02 November 2013

PROPOSAL RENCANA USAHA RISOL MAYO





Disusun Oleh :
Norma Novianti Rachman
2DF02
55212373





BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Perusahaan
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang termurah hingga yang termahal. Dalam kebutuhan sehari - hari banyak sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan - makanan memang sudah banyak sekali yang menjual tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan baik untuk dikonsumsi ketika siang maupun  malam hari untuk masyarakat  kalangan menengah kebawah ataupun menengah ke atas. Makanan ini dibuat dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis, begitu juga harga terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak, nikmat, dan lezat.
Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “RISOL MAYO” untuk dijual karena untuk mengingatkan masyarakat Indonesia agar tidak lupa makanan khas Indonesia, karena ini merupakan makanan untuk dikonsumsi.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Identifikasi Usaha
Nama Usaha               : Risol Mayo
Pemilik Usaha             : Norma Novianti
Alamat Usaha             : Jl. Krakatau Blok AC 18 N0. 14 Harapan Jaya
Contact Person            : 085773588041

2.2 Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih usaha perumahan kecil, tapi usaha ini sangat menjanjikan karena Risol Mayo dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.
Tujuan Usaha
     1.      Menerapkan kemampuan berwirausaha
     2.      Agar usaha kita lebih dikenal orang lain
     3.      Memunculkan bakat untuk berbisnis
     4.      Mendapatkan keuntungan

2.3 Struktur Organisasi

Manajemen             : 2
Produksi                   : 4
Pemasaran               : 3
Keuangan                 : 2


2.4 Klasifikasi Organisasi

Ø CEO
            Mengontrol, memonitor semua kegiatan yang ada didalam perusahaan         dan     mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat        mengambil   keputusan.
Ø General Manager
            Dapat mengatur sdeluruh departemen bagian dan menjalankan strategi        perusahaan.
Ø Financial Manager
            Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan       masalah        keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi masalah   keuangan.
Ø Production Manager
            Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan yang akan             diperjualbelikan.
Ø   Marketing Manager
            Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki     melalui             berbagai media.


BAB III
ANALISA MASALAH
ANALISA MASALAH
3.1 Modal
Modal yang kami gunakan berasal dari pinjaman Bank sebesar Rp. 1.500.000 dan modal kami sendiri sebesar Rp. 500.000 jadi total modal kami sebesar Rp. 2.000.000.

3.2 Penentuan Harga Produksi

Biaya Baku                                       : Rp. 412.000,00,-
Biaya Penolong                               : Rp. 143.000,00,-
Total biaya Produksi                                  : Rp. 555.000,00,-

Biaya Cetak laporan                                  : Rp. 6.000,00,-
Biaya ADM                                       : Rp. 8.000,00,-
Total Biaya Operasional               : Rp. 14.000,00,-

Harga potong produksi/potong Risol Mayo adalah :
Risol Mayo =(Rp. 555.000 + Rp.14.000/500) = Rp. 1.138,-
Menentukan harga jual
Risol Mayo : Rp. 2.150

3.3 Penentuan Harga Jual
Perkiraan laba yang diharapkan :
Rp. 3.500 – Rp. 2150 = Rp. 1350

3.4 SDM (Sumber Daya Manusia)
Kami tidak menambah jumlah pegawai karena produk kami masih baru, tetapi apabila produk kami sudah dikenal masyarakat luas dan produksi kami meningkat kami rasa akan menambah jumlah SDM.

3.5 Pemasaran
pemasaran kami masih didaerah perumahan dan dipinggiran jalan, kami juga akan membuat jejaring social agar masyarakat lebih mengenal produk kami.



3.1 Rencana Produk
Produk kami ialah produk makanan ringan, dan produk kami adalah makanan cepat saji yang istimewa. Bahan utama yang kami gunakan adalah telur,mayonaise,daging asap,saos,keju.

Awalnya perusahaan kami dibentuk karena melihat tingkat kesukaan masyarakat kepada makanan ringan yang cukup tinggi. Modal kami berjumlah Rp. 1.500.000

3.2 Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan Risol Mayo ini diantaranya :
1.      Hidangan lezat dan bergizi
2.      Harga ralative terjangkau oleh semua kalangan
3.      Disajikan dengan berbagai macam isi (ayam, daging asap, telur, sayuran)








BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH

4.1 SWOT
         A.     STRENGTH (KEKUATAN)
·        Bahan bakunya mudah ditemukan.
·        Memiliki rasa khas tersendiri.
·        Harga terjangkau.
         B.      WEAKNESSES (KELEMAHAN)
·        Tidak tahan lama dan mudah basi.
·        Modal usaha yang kecil.
         C.      OPPORTUNITIES (PELUANG)
·        Makanan ringan yang kaya akan vitamin.
·        Minat akan makanan ringan tinggi.
         D.     THREATS (ANCAMAN)
    Banyak makanan dengan variasi yang lain
    Ada jenis makanan yang sama
     Harga produk competitor bersaing       Selera konsumen variatif.

4.2  TOWS
          A.     SO
   Memperbanyak tingkat produksi.
   Memproduksi risol mayo dengan rasa baru
          B.      WO
·        Memproduksi risol mayo dalam skala kecil apabila ada pemesanan kita akan menambah jumlah produksi.
          C.      ST
·        Memahami selera konsumen.
·        Memperkuat cita rasa produk.
·         Menambah variasi baru produk.
          D.     WT
·        Packing yang lebih menarik.
·        Menambah modal usaha
·        Mencari investor untuk bergabung
   




BAB V
KESIMPULAN
Risol mayo adalah risol yang unik, dibuat secara sederhana namun menghasilkan rasa yang lezat dan bergizi pula. Risol mayo memiliki banyak keistimewaan diantaranya mempunyai banyak variasi rasa, sehingga membuat para pelanggan akan ketagihan untuk membelinya lagi. Usaha kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena akan menghasilkan omset yang tinggi. Namun wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT dan TOWS sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan maka seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha berkembang dengan cepat. Dan juga kami akan terus melakukan inovasi agar konsumen terus berlangganan kepada kami





1 komentar:

  1. saya khawatir ketika saya akan membeli rumah saya dengan nilai kredit buruk saya. saya ditolak pinjaman dari bank saya dan tidak bisa mendapatkannya. Saya menjelaskan kepada seorang teman, dia kemudian memperkenalkan saya kepada pria terhebat sepanjang masa pedro jerome. saya menjelaskan masalah saya kepadanya dengan mengirim teks ke suratnya dan dia membantu saya menyelesaikan semuanya dalam waktu 3 hari kerja. dia memberi saya pinjaman 400,000.00 euro untuk membayar rumah saya di mana saya juga digunakan untuk mengembangkan bisnis saya juga. semoga Tuhan memberkatinya! Anda dapat mengajukan pinjaman cepat dari mr pedro jerome yang bekerja dengan sekelompok investor .. dia penyihir yang dibicarakan semua orang di seluruh internet .. hubungi dia melalui surat di mr pedro pedroloanss@gmail.com. nomor whatsapp: +18632310632.

    BalasHapus